Sejak 3 Hari lalu Beberapa Wilayah di Barat Limapuluh Kota Sudah Dilanda Banjir


Personil Koramil 06 Guguk Pantau Wilayah Binaan Yang Terdampak Banjir Pada Kamis (9/5/2024)

Lima Puluh Kota, RSN- Sejak beberapa hari lalu sebagian wilayah di kabupaten Limapuluh Kota sudah dilanda banjir. Pada Kamis (9/5/2024) lalu Personil Koramil 06 Guguk Kodim 0306/50 Kota melaksanakan pemantauan dan pendataan dilokasi banjir akibat luapan air sungai Batang Namang Baruah Duri di Jorong Talago Nagari VII Koto Talago Kecamatan Guguk.  

Banjir akibat Curah hujan tinggi membuat sungai Batang Namang Baruah Duri tersebut meluap sehingga air mulai menggenangi pemukimam warga. Dimana sekitar 90 Ha sawah masyarakat terendam banjir dan sekitar 15 kolam ikan rata dengan air serta 2 unit rumah dan warung juga ikut terendam banjir. 

Danramil 06 Guguk Kodim 0306/50 Kota Kapten Czi Alseprizal dalam keterangannya mengatakan, sesuai arahan dari bapak Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha, dirinya telah memerintahkan Babinsa setiap saat selalu memantau kondisi terkini di daerah binaannya yang rawan terjadi banjir. 

Dimana koordinasi selalu dilakukan dengan instansi terkait lainnya terutama dengan pihak pemerintahan Nagari dan BPDD untuk mewanti wanti terjadinya banjir susulan atau musibah lainnya. 

"Alhamdulillah untuk saat sekarang kondisi sudah mulai membaik dimana air berangsur surut, dan dalam kejadian ini tidak sampai mengakibatkan terjadinya korban jiwa, "ujar  Danramil. 

Curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten 50 Kota, sehinga beberapa titik rawan bencana mengalami luapan air. Diharapkan kepada warga masyarakat agar selalu waspada, untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan, pungkas Danramil dalam pesan tertulisnya, Kamis (9/5/2024).

Dihari yang sama wilayah Koramil 03 Suliki, tepatnya di Jorong Mudiak Liki Nagari Kurai Kecamatan Suliki juga mengalami dampak dari hujan deras yakni 1 unit rumah milik sdr Adi (31) th tertimpa tanah longsor yang sempat menimbun 2 orang anak dari sdr Adi, beruntung ke 2 anaknya tersebut dapat diselamatkan dan dilarikan kerumah sakit Ahmad Darwis Suliki untuk perawatan selanjutnya.

Pewarta: F. Malin Parmato / Hms

Lebih baru Lebih lama