USAI HAUL KE-71 TAN MALAKA TAMU DAERAH MENIKMATI DURIAN PILADANG

Jum'at, 21 Februari 2020 M - 26 Jumadil Akhir 1441 H
Reporter: Isfho Youse

Wakil Bupati Lima Puluh Kota
Makan durian bersama Cucu Tan Malaka
Jum'at malam, 21 Februari 2020
di Piladang
HawaaliyNews, Piladang - Rombongan Hengki Novaron Asril Dt. Tan Malaka (pewaris serta cucu) Pahlawan Nasional Ibrahim Datuak Tan Malaka dijamu makan Ketan Durian oleh kepala Jorong Piladang Suryadi Pradinata,S.Si pada malam petang Jum'at (21/02/2020) di Piladang.

Bersama rombongan itu nampak Wardi Jein Ketua Dewan Ahli Konsepsi Konfederasi Eksponen Indonesia, Prof. Dr. Asep Achmad Hidayat Dose n UIN Bandung, M. Nurlapong Presiden Forjis, Shri Lalu Gde Pharma Sekjen Mapan Raya, Mang Dadan Dania Dewan Kebudayaan Nusantara, Weni Rahayu Ketua Umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (APPI) yang didampingi oleh wakil Bupati Kab. Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, S.Sos. yang juga merupakan pengurus YPP PDRI Kab.50 Kota yang memperjuangkan kepulangan jasad Alm. Tan Malaka dari Kediri Jawa Timur ke nagari Pandam Gadang, Kec.Gunuang Omeh.

Hengki Novaron Asril Dt. Tan Malaka jauh-jauh pulang dari Makassar adalah dalam rangka acara haul memperingati hari wafatnya yang ke-71 tahun Pahlawan Nasional Ibrahim Dt. Tan Malaka yang juga merupakan Bapak Republik Indonesia, meninggal di Desa Selopanggung, Kediri, Jawa Timur pada tanggal 21 Februari 1949 (pada umur 51 tahun).

Acara tersebut digelar pada siang Jumat (21/02/2020) di Rumah Gadang Ibrahim,Dt. Tan Malaka di nagari Pandam Gadang, kec. Gunuang Omeh, kab. Limapuluh Kota, Sumatera Barat dengan kegiatan Upacara, Tabur Bunga serta bedah buku karya Alm. Ibrahim Dt. Tan Malaka dengan penanggung jawab acara Yudilfan Dt.Monti.

Pada sore harinya setelah berakhirnya acara Hengky Novaran Arsil Dt. Tan Malaka menelpon kepala Jorong Piladang Suryadi Pradinata,S.Si menyampaikan keinginannya untuk merasakan enaknya Durian Piladang bersama dengan tamu-tamu kehormatannya.

Sembari menikmati Durian dan Ketan Hengky Novaran Arsil Dt. Tan Malaka beserta rombongan juga banyak bercerita tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan pentingnya mengenang perjuangan para pahlawan, terutama pahlawan yang berasal dari kabupaten Limapuluh Kota ini. "Dengan harapan agar para Generasi masa depan tidak lupa dengan sejarah perjungan pahlawan kita selama ini" tuturnya.

"Semoga dengan kedatangan beliau ini bisa memberikan dampak yang baik bagi Piladang di masa yang akan datang, sehingga orang akan mengenal Piladang bukan hanya sebagai penghasil kerupuk tetapi juga sebagai sentra buah-buahan sebagai salah satu lumbung ekonomi bagi masyarakat" harap Suryadi Pradinata.

"Bagaimanapun Tamu-tamu yang datang ke daerah kita harus kita support jika kunjungan mereka itu adalah hal yang positif. Apalagi ini adalah tamu dari keluarga Bapak Republik Indonesia yang jasad Almarhun telah kami perjuangkan untuk dibawa pulang kekampung halamannya" akui Ferizal Ridwan.

Setelah menikmati Ketan durian, cucu Alm.Dt Tan Malaka beserta rombongan juga Wakil Bupati Kab.50 Kota pamit untuk istirahat pulang. Diketahui tamu Rombongan Rumah Gadang Ibrahim Dt.Tan Malaka itu menginap di Mangkuto Hotel Syari'ah Kota Payakumbuh.*Youse - HN 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama