KEPALA JORONG DAN KETUA PKK PILADANG MEMBERI ARAHAN KE SETIAP KELOMPOK DASAWISMA

Jum'at, 21 Februari 2020 M - 26 Jumadil Akhir 1441 H
Reporter: Isfho Youse

Suryadi Pradinata, S.Si bersama Welni
Memberi arahan mengenai lomba PKK
HawaaliyNews, Piladang - Suryadi Pradinata,S.Si turun langsung memberi arahan ke setiap kelompok Dasawisma di jorongnya, di jorong Piladang ada 37 kelompok Dasawisma. Bersama ketua PKK Jorong Piladang Welni yang juga merupakan Kepala Sekolah SDN 02 Piladang Koto Tangah Batu Hampa ia mengunjungi beberapa kelompok Dasawisma yang berada di daerahnya pada Kamis (20/02/2020).

Hal ini sekaitan dengan semakin dekatnya penilaian lomba taman Dasawisma diseluruh kenagarian Koto Tangah Batu Hampa, kec. Akabiluru, kab. Limapuluh Kota yang akan dilaksanakan pada minggu awal Bulan Maret mendatang

“Semoga kita bisa selalu dapat menjaga kekompakan, kampung kita memang luas tetapi apabila dengan niat yang baik serta berjiwa besar maka Piladang yang luas ini akan bisa kita jaga kenyamanan dan keasriannya, salah satunya dengan cara menanam bunga atau sayur-sayuran ini di setiap halaman rumah kita masing-masing. Mindset negatif yang ada dalam otak kita harus kita robah dengan berbuat serta berfikir positif demi menjaga Kampung Kita ini” kata Surya Pradinati memberi arahan di salah satu pertemuan kelompok dasawisma.

Welni menyampaikan bahwa "lomba Dasawisma ini bertujuan untuk meningkatkan semangat ibu-ibu yang ada di masing-masing jorong dalam menggiatkan 10 program pokok PKK yang ada. Disamping itu juga untuk menyempurnakan kelengkapan administrasi di masing-masing pokja. Dalam penilaian itu sendiri didasarkan kepada 3 kategori yaitu, Ekspos, Kelengkapan Administrasi serta keindahan dan kelengkapan Taman Dasawisma itu sendiri."

Dari pengamatan rekan media di lokasi pemerintahan Nagari Koto Tangah Batu Hampa memberikan bantuan bibit tanaman jenis bunga dan sayur kepada setiap kelompok Dasawisma yang ada di Nagari tersebut untuk dapat ditanam dan dikembangkan disetiap rumah-rumah warga untuk menjadi nagari Siaga.

Dasawisma merupakan bahagian dari  program PKK Nagari atau Desa yang akan diberi penilaian setiap 3 tahun sekali ini akan membantu kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK Nagari Atau Desa. Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan, pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran). Secara umum tujuan dari kegiatan tersebut yang berbasis masyarakat adalah terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiap-siagaan dini di masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang akan mengancam dan merugikan masyarakat yang bersangkutan.

Dasa Wisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan program-program kegiatan gerakan PKK di tingkat desa,yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK di tingkat kecamatan dan kabupaten.*Youse - HN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama