RELAWAN KEMANUSIAAN BUKA POSKO TANGGAP BENCANA DI MALALO

Jum'at, 17 Januari 2020 M - 22 Jumadil Awwal 1441 H
Reporter: Gusti Ananda

Kondisi Lokasi Galodo Malalo
Sore Jum'at, 17 Januari 2020

HAWAALIYNEWS, Malalo - Saat ini relawan kemanusiaan dari berbagai Ormas sudah berada di lokasi terjadinya Galodo (banjir bandang) yang melanda jorong Tanjung Sawah, nagari Padang Laweh Malalo, Batipuh Selatan, Tanah Datar yang terjadi pada subuh Jumat (17/1/2020).

Dari pantauan awak media di lapangan, bakda Zuhur sore Jum'at (17/1/2020) setidaknya sudah ada 5 utusan Ormas yang sedang melakukan assessment di tempat lokasi bencana itu. Diantaranya adalah: Brigade 212 Sumbar, Srikandi 212 Sumbar, DPD API Sumbar beserta DPW API Tanah Datar dan BaruPas Sumbar.

Alat berat sedang bekerja
membersihkan material
Lumpur, pasir dan batu
menutupi jalan Malalo

Dari pantauan media di lapangan nampak alat berat sedang bekerja membersihkan material lumpur dan batu yang menutupi akses jalan raya. Sedangkan kondisi cuaca dilaporkan cerah, sangat mendukung sekali usaha evakuasi.

Dikutip dari postingan Hendra Khatib Basa salah seorang Amil Baznas Tanggap Bencana kecamatan Batipuh Selatan yang beredar di group-group Whatsapp menyebutkan bahwa:

  1. Lokasi kejadian: Jorong Tanjuang Sawah, Nagari Padang Laweh Malalo Kec. Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar.
  2. Waktu kejadian: Hari Jumat, 17 Januari 2020 jam 04.25 WIB.
  3. Gambaran umum situasi: Akibat hujan deras dengan itensitas tinggi tadi malam sehingga jam 04.25 WIB menyebabkan terjadinya Galodo.
  4. Keterangan akses menuju lokasi: Bisa dilewati, jalan keliling danau putus total.
  5. Dampak sementara: 8 bangunan mengalami kerusakan (6 rumah 1 toko perabotan dan 1 bengkel motor) untuk kerugian harta benda 15 karung padi siap panen hanyut, 20 jagung siap panen hanyut, 1 Mobil Honda Freed, 1 motor, 2 ekor sapi hilang, 10 ekor kambing hilang, 5 kk di ungsikan, dan listrik mati untuk jalan putus total.
  6. Petugas di Lapangan: 1. Amil BTB a.n Hendra. 2. Pengurus UPZ Kec.9. Giat pemerintah : TRC BPBD Kab. Tanah Datar sudah menuju ke lokasi dibantu oleh beberapa Satgas Nagari terdekat.Rencana selanjutnya : tetap berkoordinasi dg pemerintah daerah dan lintas sektoral.
  7.  Kondisi ini terpantau pada pukul 10.07 Wib. Jum'at (17/01/2020).

Alif Bahrun Amiq sekretaris daerah API Sumatera Barat menyebutkan bahwa Asosisiasi Pembela Islam (API) akan membuka Posko Bencana di lokasi tersebut selama 2 hari kedepan.- HN


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama