MENYAMBUT IDUL ADHA 1440 H WARGA SARILAMAK PAWAI API OBOR TAKBIR KELILING

Sabtu, 10 Agustus 2019 M - 10 Dzulhijjah 1440 H

Sarilamak - HN, Menyambut Idul Adha 1440 H warga Sarilamak pawai obor takbir keliling kampung pada malam petang Sabtu (10/08/2019).

Setelah shalat 'Isya berjama'ah ratusan pemuda-pemuda yang tergabung dalam Ikatan Pemuda-Pemudi Masjid Raya Nurul Ikhlas Sarilamak turun ke jalan-jalan keliling kampung sembari bertakbir menyambut hari raya Idul Adha tahun ini.

Pawai dimulai dari halaman Masjid Raya Nurul Ikhlas Sarilamak berjalan mengikuti mobil membawa beduk menyusuri jalan-jalan kampung di belakang pasar Sarilamak kemudian terus ke depan pasar, terus masuk ke gerbang Geo Park Harau terus belok ke kanan ke Koto Kaciak dan kembali lagi ke Masjid. Sebagai syiar para peserta pawai memegang api obor minyak Tanah dari bambu untuk menerangi jalan.

Panitia acara dalam sambutannya menyampaikan "walaupun malam ini tidak semeriah takbiran di malam Idul Fitri, namun kita bersyukur karena kita masih bisa mengangkat acara ini" katanya.

Panitia acara juga menghimbau masyarakat "untuk melaksanakan shalat Idul Adha besok pagi di halaman kantor Bupati Limapuluh Kota dan setelah itu akan diadakan pemotongan hewan Qurban di masjid ini."

Dari catatan peserta Qurban yang tertempel di dinding masjid nampak terpampang 15 kelompok peserta Qurban, itu artinya ada 15 ekor sapi yang akan disembelih besok harinya.

Berbarengan dengan itu, di halaman masjid komplek perkantoran Bupati Limapuluh kota PEMDA juga menggelar acara takbiran yang dimeriahkan oleh pemuda-pemudi masjid Kuliyatul Muslimin Simpang Empat Tanjung Pati.

Acaranya juga dimulai dengan shalat 'Isya berjama'ah, kemudian berkumpul di halaman masjid mengumandangkan takbir. Ratusan jama'ah dari masyarakat, kelompok Yasinan dan pegawai PEMDA hadir di acara tersebut yang dimeriahkan juga dengan api obor Bambu minyak Tanah.

Panitia acara menyampaikan bahwa "tidak disangka malam ini kita seramai ini, sebelumnya kami memperkirakan jamaah paling banyak hadir 200 orang, namun sekarang kita lihat lebih dari 500 orang berkumpul disini, kita patut bersyukur dan berbangga" katanya.

Panitia juga mengumumkan bahwa "besok pagi (Ahad, 11 Agustus 2019) akan digelar pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 H di halaman kantor Bupati Limapuluh Kota dengan Imam ustazd Bujang (Qori, Pelatih Kafilah MTQ Kab. Limapuluh Kota) dan Khatib 'Id adalah kepala KUA kecamatan Harau ustazd Gunawan Bulfi, S.THI, mari kita beramai-ramai datang ke sini" ucapnya. *Fitra Yadi - HN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama