IPPLA GELAR MTQ DI SURAU TANJUANG


Jum'at, 03 Agustus 2012 M / 15 Ramadhan 1433 H

Peserta MTQ Surau Tanjuang
Lubuak Aua - HN. Lain Padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Lain Surau lain pula khidmatnya. Hal itu terasa beda pada acara Musabaqah Tilawatil Quran yang diadakan oleh penitia PHBI Mushalla Al-Huda (Surau Tanjuang) jorong Lubuak Aua kenagarian Canduang Koto Laweh pada Kamis malam (02/08/2012).

Acara MTQ tersebut diprakarsai oleh IPPLA (Ikatan Pemuda-Pemudi Lubuak Aua) yang mengangkat MTQ tingkat remaja, diikuti oleh sekitar 55 orang peserta utusan dari masjid/mushalla se-kecamatan Canduang dan sekitarnya. Mereka berganti-ganti naik mimbar melafalkan Kalam Allah dengan kemampuan Tajwid dan lagu yang rata-rata sama. Keadaan monografi jorong Lubuak Aua yang berada di kaki gunung Merapi serta suasana mushalla yang nyaman mendukung terbentuknya suasana tenang, sehingga para undangan memenuhi mushalla dan ustazd M.Sawir yang bertindak sebagai juri senang memberi maqrak dan lebih konsentrasi menilai satu-persatu peserta.

Hadir pada saat itu Kepala KUA Canduang, Zulkarnain Batu Bara S.Ag yang mana menyampaikan sepakatah kata yang diminta oleh panitia MTQ mewakili Camat Canduang Drs. Surya Wendri yang tidak sempat hadir pada saat itu.

Rahmat Fadil salah seorang panitia menyampaikan bahwa acara ini sepenuhnya atas dukungan pemuda. Dana didapat dari sumbangan masyarakat kampung dan para perantau. Satu hal menarik bahwa calon peserta yang mendaftar melebihi undangan dan kuota yang disediakan panitia. Untuk membatasi jumlah peserta, pantia terpaksa menyimpan meja pendaftaran dan pindah duduk kedalam mushalla. Walaupun demikian masih ada juga calon peserta yang mencoba menerobos masuk menemui panitia memaksa diterima kemudian dikatakan kepadanya bahwa pendaftaran telah tutup tegas Ramat Fadil.

Pada acara itu hadir niniak-mamak, wali jorong, jama'ah mushalla, M. Hamdi tokoh pendidik al-Qur'an MDA Al-huda Tanjuang balik, yang setia mengikuti acara serta menyimak bacaan masing-masing peserta kemudian mendiskusikan makharijul huruf serta tajwidnya di sela-sela pergantian peserta.

Pada pukul 03.30 Wib. juri mengumumkan pemenang tilawah dengan juara umum yang dipegang oleh Surau Tanjuang | Zulkifli

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama