AKTIVIS KEMANUSIAAN Dr. JOSERIZAL JURNALIS, Sp.OT WAFAT, KELUARGA BESAR SUMANIK BERDUKA

Senin, 20 Januari 2020 M - 25 Jumadil Awwal 1441 H

Dr. Joserizal Jurnalis, Sp.PT wafat dalam usia 56 th
HAWAALIYNEWS, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia kedokteran dan aktivis kemanusian. Salah seorang putra terbaik di bidang kesehatan Dr. Joserizal Jurnalis, SpOT Pendiri & Dewan Pembina MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) asal Sumanik Batusangkar Sumbar telah menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 00.38 wib. Senin (20/01/2020) di RS Harapan Kita, Jakarta dalam usia 56 tahun (11 Mei 1963 - 20 Januari 2020).

 "Innalillahi wa inna ilaihi roojiun. Telah berpulang kerahmatullah saudara kita tercinta Dr. Joserizal Jurnalis jam 00.37 Wib. Hari Senin tanggal 20 Januari 2020. Semoga almarhum meninggal dengan husnul khotimah. Aamiin. Jenazah disemayamkan di Pendopo Rasil (Radio Silaturrahim), Jl Masjid Silaturrahim Nomor 34 RT 02 RW 03 Kalimanggis Kelurahan Jatikarya Kec Jati Sampurna. (Dibelakang Plaza Cibubur). Jenazah akan dimakamkan di TPU Pondok Rangon, ba'da Dzuhur." Demikian sebagaimana dikutip dari pengumuman yang diposting oleh Irsal Syafri di WAG Ikatan Keluarga Sumanik (IKS) Nusantara pukul 02:23 Wib. Senin (20/01/2020).

Dr. Joserizal Jurnalis, SpOT
Hal senada juga diposting oleh Direktur Nagari Development Center (NDC) Universitas Andalas Dr. Erigas Eka Putra di Group Whatsapp tersebut: "Innalillaahi Wa Inna Ilaihi Roojiuun. Telah berpulang ke rahmatullah Dr. Joserizal Jurnalis, SpOT Pendiri & Dewan Pembina MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) pagi ini, Senin/20 Januari 2020 pkl 00.38 dalam usia 56 tahun (11 Mei 1963 - 20 Januari 2020) di RS Harapan Kita, Jakarta. Mohon dimaafkan segala kesalahan dan kekhilafan beliau. Terima kasih atas segala doa dan perhatian dari kerabat, teman, relasi, saudara2 seperjuangan selama beliau sakit hingga akhir hayatnya. Jenazah dr. Joserizal akan disemayamkan di
Pendopo Silaturahim, Jl. Kalimanggis Raya No. 90 Cibubur, Bekasi, disholatkan bada Dzuhur di Masjid Silaturahim dan dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur. Selamat Jalan dr. Joserizal, Semoga Husnul Khotimah. Selamat menghadap Allah Sang Maha Pencipta yang mencintaimu lebih dari kami. Kami yang kehilangan, ~ Keluarga Besar Idris Abdullah Sumaniak Batusangkar."

Melalui pesan singkatnya Buya Drs. Ali Zamril penceramah Rasil TV menyampaikan ucapan belasungkawanya "Innalillahi wainna ilaihi rajiun, Hari jumat kemaren baliau dirawat di RS Jantung Harapan diruang ICVCU bersebelahan dengan Pak Uncu (keluarga beliau dari Canduang-Agam) dan Gus Sholahuddin (adik alm Gusdur)" katanya kepada awak media pagi Senin (20/01/2020).

Postingan Habib Hanif Al Athos
Habib Hanif Al Athos, Ketua Front Santri Indonesia (FSI) - FPI juga memposting ucapan belasungkawa dan do'a di status WA nya: إنا لله و إنا إليه راجعون Berita duka, telah wafat Dr. Jose Rizal Pendiri Tim Kemanusiaan Mer-C & Penasihat Tim Kemanusiaan HILMI-FPI, pagi dini hari, Senin 20 Januari 2020 jam 00.38 Wib. أعظم الله أجركم و أحسن عرائكم وغفر الله لميتكم بسر الفاتحة. " Demikian sebagaimana dikutip media ini pada pagi Senin (20/01/2020). Di status WA pribadinya itu Habib Hanif Al Athos juga memposting photo kenangan saat almarhum Dr. Jose Rizal bersama IB dan H. Munarman, disitu juga ada al-Marhum Abah Hb Abdurrahman Alathas.
 
Papan Bunga dari IKS Jabodetabek
Dikutip dari baritosumanik disebutkan "dr. Jose Rizal Jurnalis SpBO (Spesialis Bedah Orthopedi) dilahirkan di Padang pada tanggal 11 Mei 1963 merupakan salah seorang pendiri organisasi kemanusiaan Mer-C (Medical Emergency Rescue Committe). Anak dari Almarhum Prof. Ir. Jurnalis Kamil, Ph.D (Payakumbuh) dan ibunya seorang akademisi juga yang berasal dari Sumanik yaitu Prof. Zahara Idris, MA.

Nama aslinya adalah Jusrizal Jurnalis. Mengapa kemudian berubah menjadi Jose Rizal, dia mengatakan bahwa hal inilah satu-satunya bentuk ketidaktaatannya pada orang tua. Jose yang menghabiskan masa kecilnya hingga tamat SMA di padang mengaku sebagai anak yang taat kepada perintah orang tua.

Ayahanda Jose Rizal yaitu almarhum Prof. Ir. Jurnalis Kamil, Ph.D adalah seorang ahli pertanian dan pernah menjabat sebagai Rektor UNAND Padang periode 1984-1993 menggantikan rektor sebelumnya, Prof. Drs. Mawardi Yunus. Pada tahun 1993, setelah itu beliau digantikan oleh Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, MSc. Ayahanda Jose Rizal pernah dicalonkan menjadi Gubernur Sumatera Barat pada tahun 1987, namun ia kalah dari Hasan Basri Durin yang kemudian menjadi gubernur Sumatera Barat ke 5.

Ibu Jose Rizal yaitu Prof. Zahara Idris, MA adalah seorang akademisi yang telah menulis banyak buku tentang pendidikan. Beliau pernah memimpin Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)Universitas Negeri Padang (UNP) pada tahun 1973 sampai 1977, kemudian berlanjut pada tahun 1982 sampai 1989. (fip.unp.ac.id)

Amris Rachman Pengurus Ikatan
Keluarga Sumanik Jakarta
saat menjelang keberangkatan
Jenazah Dr. Joserizal Jurnalis ke masjid
Untuk dishalatkan
(Sumber WAG IKS Nusantara)

Jose Rizal menempuh pendidikan SD di PPSP IKIP Padang, kemudian melanjutkan ke SMP PPSP Ikip Padang juga dan SMA 2 Padang. Kemudian ia kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Selama di UI ia aktif di Forum Studi Islam dan pernah diamanahi sebagai ketua umum FSI di sana. Jose Rizal pernah bekerja sebagai dokter Spesialis di RS. Setia Mitra, RS. Budi Asih, dan RS. Siaga Raya Jakarta. Joserizal menikah dengan seorang wanita bernama Dian Susilawati dan telah dikaruniai tiga orang anak, yakni Aisha, Nabila, dan Saladin.- Fitra Yadi - HN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama