Pemadaman Lahan di Limapuluh Kota Dilakukan Manual

Selasa, 3 Muharram 1438 H / 4 Oktober 2016 M
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi
 
Sarilamak - Beberapa hari ini terjadi musibah kebakaran lahan di hutan-hutan perbukitan di lembah Harau kabupaten Limapuluh Kota. Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi berjanji akan mempercepat penanganan kebakaran itu. Pada Senin, 3 Oktober yang lalu telah dilakukan rapat oleh Bupati bersama BPBD Limapuluh Kota, BPBD Sumbar, BKSDA Sumbar, unsur Muspika Kecamatan Harau dan Pemerintah Nagari kawasan kebakaran hutan,
Sebelumnya pada hari Minggu, 2 Oktober 2016 Bupati telah menyisiri lokasi kejadian untuk memadamkan api serta menggelar rapat terbatas di tengah hutan belantara. Hasil rapat ketika itu adalah pemadaman api dilakukan secara manual. Tidak perlu ada helikopter waterbombing,” kata Rahmadinol, Kabid Kedaruratan BPBD. Rahmadinol menambahkan "api harus dipadamkan, kami akan bekerja maksimal. Insyallah, sehari dua hari ini, api akan padam,” janji Rahmadinol.

Hitungan BPBD, luas kawasan yang perlu percepatan pemadaman hampir 500 meter. “Ada 500 meter lahan yang perlu pemadaman ekstra. Itu kita lakukan manual. Pasokan air, dipompa dari bawah dan ditampung di embung darurat yang sebelumnya sudah dibangun,” urai Rahmadinol, mewakili Kepala BPBD Nasriyanto.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan Kapolres Limapuluh Kota AKBP Bagus Suropratomo, menghimbau kepada masyarakat supaya menghentikan aktifitas di tengah hutan, sampai api benar-benar padam.

Polisi berjanji, akan mengusut tuntas kasus kebakaran lahan tersebut. “Kalau ada alat bukti yang menunjukan kebakaran disengaja, kita akan kejar siapa pelakunya dan pasti diproses,” sebut Kapolres Bagus. HN
Lebih baru Lebih lama