MASYARAKAT MESTI MEMANFAATKAN BLK

Kamis, 21 Agustus 2014 / 25 Syawwal 1435 H
Reporter: Fitra Yadi

Mutasar
Agam - HN. "Sebetulnya masing-masing nagari bisa membuat kelompok belajar keterampilan sendiri dan mengundang BLK untuk memberi materi, tetapi informasi ini belum begitu menyebar ke masyarakat, belum banyak nagari yang tau prosedur kerjasama dengan BLK" kata Mutasar salah seorang instruktur di Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh kepada HN Selasa, 19 Agustus 2014 lalu.

"Tahun ini pelatihan keterampilan pertama yang diasuh BLK Payakumbuh di Kabupaten Agam adalah di nagari Bukik Batabuah" tambah Mutasar.

" Bila nanti ada nagari yang ingin mengadakan pelatihan keterampilan maka caranya adalah dengan membuat proposal yang ditandatangani oleh Kepala Jorong, wali nagari, dan Camat, kalau bisa sampai ke dinas sosial atau dinas tenaga kerja di kabupaten atau kota masing-masing, setelah itu baru di sampaikan kepada BLK " jelas Mutasar.

" Wilayah kerja BLK Payakumbuh ini adalah mencakup kota Payakumbuh, kabupaten Lima Puluh Kota, Bukittinggi, Agam, Pasaman Barat dan Pasaman Timur" katanya.

Selanjutnya Mutasar memaparkan bahwa "Progam pelatihan yang kami asuh di BLK Payakumbuh adalah 1). Teknik Mekanik yang meliputi a. Las Listrik b.Las Karbit. Kemudian yang ke 2). Automotive yang meliputi a. Sepeda Motor  b.Mobil Mesin dan c. Mobil Disel.  3). Aneka Kejuruan seperti a. Menjahit Pakaian b. Bordir c. Bag Cofer. 4) Perkantoran yang meliputi a. Operator komputer 5). Listrik yang meliputi a. Instalasi penerangan b. Instalasi tenaga c. Audio Visual d. Teknik Hp e. Teknik AC  7). Pertanian yang meliputi a. Pertanian b. Peternakan c. Perikanan d.Prosesing Pengolahan bahan hasil pertanian" | HN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama