MAK ANIN - KUMARI PENTANG KUMARI BEDO KARENA HUTANG PELAJAR



MTI Canduang - Kamis, 01/03/2012

 Kenyataan hari ini, kehidupan para pelajar MTI Canduang banyak yang berkecukupan ditandai dari merk Hp yang dimilikinya dan dengan banyaknya jenis dan jumlah kendaraan roda dua yang parkir di halaman MTI Canduang. Namun sayangnya diantara mereka ada pula yang tidak pandai mengatur keuangan sehingga hutangnya menumpuk di warung-warung sekitar MTI Canduang.

Mak Nin misalnya, para belajar suka berhutang di warung orang tua penghiba itu. Jumlahnya sampai ratusan ribu, bahkan sudah bertahun-tahun tidak dibayar.

Mak Anin mengungkapkan “Sebenarnya amak pusing memikirkan hutang-hutang pelajar ini, kadang amak berfikir untuk menutup saja warung ini, tetapi dilarang oleh para pelajar, "kemana lagi kami akan makan mak, hanya dengan amak kami betah" kata mereka. Selain itu amak juga tak ada kegiatan lain. Baik juga amak membuka warung ini daripada diam saja dirumah. Tetapi kalau warung ini dibuka amak tidak tahan dengan hutang. Bagaimana amak akan menolaknya sedangkan makanan telah ia habiskan. Kumari Pentang Kumari Bedo Amak jadinyo.

Jangankan untuk membantu mengurangi beban orang tua, untuk berhemat saja mereka tidak bisa. Lain halnya dengan Kikip Pranata jurusan IPS kelas VI MTI Canduang bersama rekan-rekannya yang beternak Lele di Baso untuk meringankan beban orang tuanya.

----------------------------
Dilaporkan oleh: Bambang Kurnia


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama