GEMPITA OLIMPIADE WADAH PENGEMBANGAN BAKAT CANDUANG


Canduang - Jum'at, 11/11/2011

Mencermati pontensi besar kecerdasan dan bakat istimewa pelajar-pelajar sekolah dan pesantren dari tingkat SD sampai SMA, dan menerima laporan tentang keberhasilan dan prestasi pelajar yang kurang mendapat perhatian dan pengembangan secara khusus dari guru-guru dan pengelola lembaga pendidikan di Canduang. Dari berbagai pertemuan dan rapat-rapat koordinasi di tingkat kecamatan, hal itu menginspirasi Camat yang ketika itu dijabat oleh Monisfar, S.Sos beserta insan pendidikan Canduang untuk membentuk sebuah wadah pembinaan yang bertugas mengemas dan mengembangkan bakat serta minat istimewa para pelajar itu secara khusus. Terlebih-lebih bagi pelajar yang orang tuanya kurang mampu di bidang ekonomi.

Di kemudian hari disepakati wadah itu berbentuk sebuah Lembaga yang diberi nama GEMPITA Olimpiade yang bersifat sosial-pendidikan. GEMPITA adalah kependekan dari kata Lembaga Pengembangan Siswa Berprestasi. Kemudian disandingkan dengan kata-kata "Olimpiade" yang bermakna bahwa mata pelajaran yang dibina khusus adalah yang diperlombakan pada Olimpiade Sains yaitu Matematika dan IPA (Fisika, Biologi dan Kimia).

GEMPITA Olimpiade ini disuntiki semangat kesukarelaan dan pengorbanan yang tinggi mengabdi untuk memajukan pendidikan dalam hal membina bakat pelajar sesuai dengan bakat masing-masing oleh camat dan tokoh-tokoh pendidikan Canduang. Lembaga ini mendapat dukungan besar dari UPTD Pendidikan dan wali-wali nagari sekecamatan Canduang. Untuk pengembangan berikutnya dicita-citakan akan menjadi sebuah Yayasan Sosial Pendidikan Canduang.

Mengetahui hal itu dari pemberitaan media online, maka ketua IKCR (Ikatan Keluarga Canduang Riau) Drs. Muhibbudin, M.Si salah seorang dosen Fisika UNRI yang juga pembina Olimpiade Sains di propinsi Riau sangat antusias dan kemudian pulang kampung pada minggu pertama bulan Pebruari 2010 guna mendiskusikan program ini bersama camat Canduang dan pengurus GEMPITA Olimpiade.

Berdasarkan hal itu maka pada hari  Kamis - Jum'at tanggal 25 - 27 Februari 2010 Drs. Muhibbudin, M.Si mengajak rekan-rekannya dari UNRI yang juga pembina Olimpiade Sains propinsi Riau untuk sharing ilmu serta pengalaman menambah pengayaan wawasan para pengurus dan anggota GEMPITA Olimpiade Canduang dalam hal strategi mempersiapkan diri untuk mengikuti Olimpiade Sains tingkat kabupaten, propinsi dan nasional.

Nama-nama tim itu adalah 1.    Emrizal M. Tambusai Msc. MH. 2.    Drs. Khairijon, M.Si 3.    Drs. M. Natsier 4.    Drs. Rolan Pane 5.    Drs. Mahibuddin Koto, M.Si. 6.    Drs. Azizkhan 7.    Haposan Sirait M. Si 8.    Rustam Effendi, M. Si 9.    Prof. Dr. Adel Zamri, MS. DEA 10.    Dr. Herman, M.Sc 11.    Dr. Subardi Bali, M.Far 12.    Dr. Hj. Sofia Anita, M.Sc 13.    Dra. Itnawita, M. Si  14.    Drs. Herman, M. Si Sebagian besar adalah orang Sumbar dan beberapa orang diantaranya adalah warga Canduang sendiri.

Bagi pihak UNRI sendiri ini adalah salah satu bentuk kerjasama antara FMIPA UNRI dengan Pemerintahan Kecamatan Canduang dalam program Pengabdian Masyarakat. Kerjasama itu masih berlanjut sampai tahun 2012 ini. | Fitrayadi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama