TIM PENILAI IBU TELADAN TURUN KE KECAMATAN CANDUANG


Pasanehan - Jum'at, 30/09/2011 |


Arniza Zainal
Dalam rangka persiapan memperingati hari ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember, maka pada hari Rabu (28/09) lalu tim penilai "ibu teladan" tingkat kabupaten turun ke kecamatan Canduang untuk bertemu langsung dengan seorang ibu yang dianggap pelopor bagi perempuan di jorong Pasanehan nagari Lasi, kec. Canduang. Ibu teladan kec. Canduang itu bernama Arniza Zainal (62 th) seorang pensiunan guru.


Dengan mobil operasional BPPKB kab. Agam, 5 orang tim penilai "ibu teladan" tingkat kabupaten itu diketuai oleh Nilawati dari  Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) kabupaten Agam dengan anggota Emi, Srinelti, Ses dan Rini Elfia. Mereka adalah tim gabungan dari Bundo Kanduang, BPPKB, Kemenag dan pakar perempuan Kab. Agam yang didampingi oleh Tim Penggerak PKK kec. Canduang.

Nilawati menyampaikan bahwa lomba ibu teladan ini sudah yang ke-2 kalinya diadakan, dimana tahun dulu kec. Baso yang meraih juara satu. Lebih lanjut Nilawati menerangkan aspek-aspek penilaian. Yaitu teridiri dari 5 aspek. 

  1. Aspek kesetaraan dan keadilan gender.
  2. Aspek peningkatan kualitas hidup perempuan.
  3. Aspek Organisasi.
  4. Aspek keagamaan.
  5. Aspek kegiatan kemasyarakatan
Arniza Zainal (62 th) yang lahir pada 12 Februari 1949 lalu itu adalah seorang pensiunan guru yang sekarang masih mengabdikan diri sebagai pengajar di lembaga PAUD Bunda Jorong Pasanehan yang ia bangun sendiri. Sebagai alumni ASKI Padang Panjang tahun 1975 ia sangat menonjol di bidang seni tari, dan hal itu mengantarkannya menjadi guru kesenian. Selain sebagai pengajar Arniza, juga aktif di majlis taklim, Didikan Subuh, Seni Qasidah Rebana, Bundo Kanduang, anggota BAMUS, KAN, dan TP PKK di kenagarian Lasi. |Fitrayadi


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama