Aprianto Datuak Tan Majolelo, Resmi di Lantik Sebagai Ketua KAN Bawan




Bawan, Delik14.com  - Pelantikan/Pengukuhan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bawan.
Kecamatan Ampek nagari Kabupaten Agam. Berlangsung alot, Rabu, 25/01/2023 di Balairung Adat Nagari Bawan.

Pengukuhan Ketua beserta parangkat KAN Bawan, yang berlangsung rabu pagi itu tampak di hadiri Waka Polres Agam bersama para PJU Polres Agam, Kapolsek Ampek Nagari, Camat Ampek Nagari, Rizona Guiza, Walinagari Bawan Kamiruddin, Ketua Bamus Bawan Syamsudin, para ninik mamak, tokoh masyarakat dan para dubalang ninik mamak Bawan.

Sebagaimana tertuang pada Perda nomor 12 dan Perbub nomor 13 kabupaten agam, tentang pengangkatan Lembaga Adat di nagari, Walinagari berkewajiban memfasilitasi pengukuhan Pengurus KAN di nagarinya, 

Walinagari Bawan, Kamirudin, dalam sambutannya menjelaskan, "Walinagari berkewajiban memfasilitasi pengukuhan Pengurus KAN di nagarinya, sebagaimana diatur dalam Perda dan Perbub kabupaten Agam, tentang pengangkatan Lembaga Adat di nagari.,"

Selaku pemerintahan nagari, saya mengucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara dan pengurus KAN yang telah melayangkan surat kepada pemerintah nagari tentang pemilihan sekaligus pengukuhan Pengurus KAN Bawan periode 2023 s/d 2029, menurut kami KAN adalah suatu Lembaga Khusus di nagari, maka kami selaku pemerintah nagari berkewajiban untuk memfasilitasi pengukuhan. 

Dan kami sangat berterimakasih kepada pengurus KAN yang lalu, yang diketuai oleh engku A. Dt. Kando Marajo, dan seluruh ninik mamak nagari bawan,  atas kerjasamanya dengan pemerintah nagari, dalam membangun dan menjaga adat salingka nagari, termasuk juga dalam memberikan pelayanan terhadap seluruh masyarakat nagari Bawan yg tak lain adalah anak kemanakan ninik mamak nagari Bawan. Ungkapnya.


Walinagari Bawan itu berharap, dengan terpilih dan dikukuhkannya pengurus KAN Bawan, yang baru, bisa mendorong maksimalnya jalinan kerjasama dengan
lembaga nagari dalam upaya
mendorong kemajuan nagari untuk
mensejahterakan masyarakat dan
dalam upaya melestarikan adat dan
budaya Minangkabau.
Sementara camat Ampek Nagari Rizona Guiza berharap, dengan terpilihnya
pengurus KAN Bawan tersebut, bisa
mendorong jalinan kerjasama lebih
optimal dengan jajaran pemerintah.

A.Dt. Kando Marajo, (Ketua KAN Bawan, sebelumnya.) mengucapkan selamat dan mengajak ninik mamak dan bundo kanduang yang terpilih sebagai pengurus yang baru untuk periode 2023 - 2029. untuk bisa mempertahankan dan melestarikan ketentuan adat salingka nagari,  memberikan kontribusi postif kepada seluruh masyarakat nagari Bawan, dan terus berbimbing tangan bersama pemerintah nagari dalam peningkatan ekonomi di masa mendatang. 

A. Dt. Tan Majolelo, Ketua KAN terpilih, mengakui, jabatan yang diterimanya adalah sesuatu amanah yang harus beliau pertanggungjawabkan.

 "Kami berterimakasih kepada seluruh engku ninik mamak nagari bawan, terutama kepada Ketua beserta pengurus KAN sebelumnya. yang telah menjaga keutuhan dan kesatuan kita semua pemangku adat, dengan kekompakan kita semua, hingga saat ini keutuhan dan ketentuan adat salingka nagari bawan, masih tetap dapat kita lestarikan.
 
Dan saya juga berterimakasih kepada seluruh ninik mamak nagari bawan yang telah mempercayakan Amanah ini kepada saya selaku Ketua KAN Bawan.
Kami akan terus berkoordinasi dengan seluruh ninik mamak, pemerintahan dan Lembaga-lembaga yang ada di nagari Bawan, agar dapat menjaga dan melestarikan ketentuan adat salingka nagari di Nagari Bawan. Ucapnya.

(Abu Salam Dt. Marajo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama