BANTU KORBAN KABUT ASAP KARHUTLA RIAU APPRMB MENGGALANG DANA SERENTAK DI SUMATERA BARAT

Senin, 23 September 2019 M - 23 Muharram 1441 H

Aliansi Pemuda-Pemudi Ranah Minang
Bersatu (APPRMB) Rapat di
Payakumbuh, Ahad (22/09/2019)
HAWAALIYNEWS, Payakumbuh - Berbagai elemen organisasi masyarakat yang tergabung ke dalam APPRMB (Aliansi Pemuda-pemudi Minang Bersatu mulai hari ini (Senin, 23 September 2019) akan menggalang dana di berbagai kota dan kabupaten di Sumatera Barat untuk membantu meringankan beban masyarakat Pekanbaru akibat bencana kabut asap KARHUTLA yang terjadi sejak beberapa pekan lalu di provinsi Riau.

Hal itu diungkapkan kepada wartawan saat menghadiri rapat koordinasi APPRMB pada sore Ahad (22/09/2019) di warung lesehan Tia Jl. Sudirman No.19 Pasar Payakumbuh.

Diantara Ormas yang hadir ketika itu adalah DPD API (Asosiasi Pembela Islam) Sumatera Barat, BARU PAS Sumatera Barat, Remaja Masjid Jorong Piladang, Comunitas Potret Payakumbuh serta Karang Taruna Kota Payakumbuh.

Diantara Ormas yang tergabung pada aksi APPRMB ini adalah Brigade 212 Sumatera Barat, Komunitas Belenggu Kehidupan Dengan Rasa Persaudaraan (Kanti sehati), LKKS Payakumbuh, Asosiasi Pembela Islam Sumatera Barat, Gerakan Millenial & Mahasiswa - Baru Pas (GEMMAS BARU PAS) Karang Taruna Payakumbuh, Baru Pas Sumbar, Potret Payakumbuh Family, Kelompok Siaga Bencana Payakumbuh, Remaja Masjid Nurul Huda Piladang, GRA PILBER (Generasi Tigo Alua Piladang Bersatu), Karang Taruna Jorong Piladang, Remaja Masjid Piladang dan Masker Squad Piladang, dan lain-lain.

Aksi itu dilatarbelakangi oleh permintaan Ketua Hilal Merah (HILMI)-FPI Riau, Ns. Roni Saputra, M. Kes melalui Sekretaris Daerah API Sumatera Barat Aliff Anda untuk membantu menggalang dana di Sumatera Barat.

Sebagaimana dilansir dari situs resmi Hilal Merah Indonesia hilalmerahindonesia.com pada Senin (23/09/2019) Roni Saputra mengatakan "Program kami untuk mememinimalisir musibah kabut asap di Provinsi Riau ini adalah mendirikan sebuah Posko Asap, Pengaduan Asap, Pengobatan gratis bagi penderita ISPA, menyediakan sarana Ambulance, pembagian Masker secara gratis, penyaluran Air Mineral serta persiapan penerjunan seluruh Relawan,” ungkap Ketua HILMI-FPI Riau itu.

Ade M. Firman Jambak dari DPD API Sumatera Barat mengatakan "mengapa kita menggalang dana untuk Riau, kenapa tidak untuk membeli masker lalu dibagi-bagikan di sini saja? Padahal kabut asap di Payakumbuh ini juga hampir sama tebalnya dengan yang di Pekanbaru, sebabnya adalah kalau untuk di daerah kita ini sudah banyak yang melakukannya, sekarang kita coba bantu memadamkan api itu langsung ke titiknya di Riau, kita bantu relawan yang turun memadamkan api di sana, kita belikan mereka oksigen, masker, obat-obatan dan lain-lain".

APPRMB
Dari hasil-hasil diskusi antar Ormas tersebut, maka lahirlah sebuah "konsep bersatu untuk membantu" maka hasillah musyawarah itu dengan rencana aksi penggalangan dana di berbagai titik titik lokasi di provinsi Sumatera Barat, di Pasar Kota Payakumbuh yang akan di galang oleh Potret Comuniti Payakumbuh bersama Karang Taruna Payakumbuh dan KSB Komunitas Siaga Bencana Payakumbuh sementara itu API sumbar akan melakukan penggalangan dana di kota Bukittinggi Padang dan Pasaman Juga akan dilakukan penggalangan dana Oleh remaja Masjid Piladang Di Simpang Batu Sangkar Piladang yang di Namai dengan TIM MASKER SQUAD "Kegiatan penggalangan dana kemanusiaan ini akan berlangsung selama beberapa Hari kedepan dan InsyaAllah pada hari Kamis mendatang akan di kirim personil  untuk mengantarkan bantuan tersebut ke Riau serta membantu warga yang kesulitan dilapangan nantinya" ujar Sekda DPD API Sumatera Barat Aliff Anda. *Isfho Youse- HN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama