KIM SEPAKAT SARILAMAK BANGUN SURAU AL-HIJRAH DAN PUSAT REHABILITASI PEMUDA SERTA TEMPAT PEMBINAAN MUALLAF

Senin, 10 Ramadhan 1438 H / 5 Juni 2017 M
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

Sarilamak - HN. Khawatir dengan perkembangan akhlak serta prilaku sosial-beragama masyarakat Sarilamak terkhusus generasi mudanya maka KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) SEPAKAT nagari Sarilamak akan membangun "Pusat Rehabilitasi mental generasi muda yang berprilaku negatif serta pembinaan para Mu'allaf yang berlokasi di Bukik, jorong Katinggian, nagari Sarilamak Kecamatan Harau kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat. Kalau kita berjalan dari arah Pakanbaru ke Payakumbuh, maka lokasinya persis terletak di kaki Bukit arah belakang kantor Polres Limapuluh Kota.

Kepada media ini Senin (5/6/2017) ketua KIM SEPAKAT Medial Putra menyampaikan bahwa program utama KIM SEPAKAT sekarang ini adalah pembangunan sarana dan prasarana penunjang sebagai pusat rehabilitasi generasi muda yang berprilaku negatif, keagamaan dan pembinaan Mu'allaf serta sentral revolusi mental masyarakat dalam upaya sebagai penyambung tangan pemerintah dan instansi-instansi terkait.

Sarana awal yang akan dibangun adalah sarana beribadah yang diberi nama dengan Surau Al-Hijrah yang merupakan pusat kegiatan ibadah sehari-hari bagi warga binaan, dan juga masyarakat setempat. Surau ini direncanakan akan dibangun dengan mengusung tema Surau Lamo dengan pola arsitekturnya bergaya bagunan Surau zaman dahulu kala, dengan tujuan untuk ikut merencanakan program "Babaliak Ka Surau". Setelah itu baru akan dibangun gedung binaan dan pusat rehabilitasi serta kantor KIM SEPAKAT sebagai sarana pengurusan administrasi.

Selain itu tugas KIM secara umum adalah pelayanan informasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat umum, serta sebagai jembatan pengubung antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka membantu kelancaran pelaksanaan kebijakan dan pembangunan daerah. Pemerintah mengharapkan supaya KIM dapat memberdayakan masyarakat agar memiliki kecerdasan dalam mencerna, memilih dan memilah informasi yang menjadi kebutuhan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. KIM juga diharapkan dapat menjadi katalisator dan dinamisator dalam memelihara dan meningkatkan semangat kegotongroyongan dan kebersamaan dalam masyarakat.

Lahan yang direncanakan sebagai lokasi pusat rehabilitasi dan pembinaan ini adalah tanah seluas 300 M2 hasil hibah dari Muhammad Yakin seorang muallaf yang berasal dari Nias, sekarang ia bersama keluarga menetap di jorong Katinggian. Ia berkeyakinan bahwa "Jika kamu menolong Allah maka Allah akan menolongmu dan akan mengokohkan langkah kakimu" QS. Muhammad ayat 7.

Hal ini adalah kesempatan ladang amal bagi kaum muslimin menyumbangkan sebagian dari hartanya untuk pembangunan Surau Al-Hijrah dan gedung tempat Pembinaan / Rehabilitasi dan Revolusi Mental ini. Besaran dana yang dibutuhkan adalah sebanyak Rp. 342.750.000 (tiga ratus empat puluh dua juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Bila ada donatur yang berniat menymbang berupa: Infaq, wakaf, sedekah dan zakat silahkan hubungi Ketua KIM SEPAKAT Medial Putra di  sekretariat KIM Sepakat" Jorong Katinggian, nagari Sarilamak Kecamatan Harau kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat. Hp. 082391667899. Dan bisa juga bertanya langsung ke kantor wali nagari Sarilamak. HN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama