LAGI - LAGI RUMAH GADANG TERBAKAR


Canduang - Sabtu, 19 Mei 2012

Belum reda tangis masyarakat Canduang akibat kebakaran rumah gadang di jorong III Suku nagari Canduang Koto Laweh pada malam petang Kamis (17/05) lalu, terjadi lagi kebakaran Rumah Gadang di jorong Batu Balantai pada pukul 01.00 Wib. dini hari Sabtu (19/05).

"1 rumah Gadang milik pasukuan Sikumbang tidak berpenghuni ditambah 1 rumah permanen hangus di lalap si jago merah, sedangkan satu rumah permanen lagi rusak kena imbas penyelamatan. Tidak ada korban Jiwa pada bencana ini, total kerugian ditaksir lebih dari 900 Juta rupiah" kata Ahmad Kari Batuah kepala jorong Batu Balantai saat ditemui wartawan di lokasi kejadian.

Camat Canduang Drs. Surya Wendri sangat terkejut dengan kejadian ini, saat itu ia sedang di Bangkinang menuju Pekan Baru dan langsung berbalik arah kembali ke Canduang sa'at itu juga kata Arman J. Piliang salah seorang tokoh masyarakat.

Saksi mata Zainal Agus (42) menerangkan bahwa " ketika pukul 01.00 Wib. saya mendengar ada bunyi-bunyian berdentang-dentang di Rumah Gadang kosong sebelah rumah ini, kemudian saya bangunkan istri mempersaksikan bunyi yang mengganggu itu. Ibu anak-anak bilang, itu mungkin suara tikus, atau hujan baru turun.

Tak senang hati, lalu saya buka jendela rumah, ternyata api sudah besar di belakang Rumah Gadang itu, langsung saya bangunkan anak-anak dan datuk. Saya, buka pintu depan dan langsung lari keluar memapah atuk bersama istri tampa sempat menyelamatkan barang-barang. kata Zainal.

Zainal menambahkan SIM A, SIM C, ATM, KTP, dokumen-dokumen lainnya, sejumlah uang dan barang-barang berharga tertinggal di dalam rumah. Tidak ada satu barangpun di dalam kamar yang sempat diselamatkan, sebagian besar kamar terkunci, saya tidak ada memegang kuncinya.

Pasalnya saya, istri dan 5 orang anak baru hari Rabu malam sampai disini. Kami tinggal di Pekanbaru. Kepulangan ini adalah dalam rangka liburan pulang kampung liat Datuk yang sendirian di rumah. Rencana hari Minggu pagi mau balik lagi ke Pekan Baru. Tapi inilah yang terjadi" tukuk Zainal yang diamini sang Istri.

Untuk upaya penyelamatan, 4 Unit mobil Pemadam Kebaran (damkar) diturunkan BPBD Agam dibantu 2 Unit lagi dari kota Payakumbuh.

Kari Bareno, salah seorang tokoh masyarakat setempat menghitung, dalam 8 bulan terakhir ini telah habis 6 rumah gadang akibat terbakar di nagari Canduang Koto Laweh.

Sampai berita ini diturunkan aparat keamanan dan pemuda masih berjaga-jaga mengamankan lokasi bencana.


Dilaporkan oleh: Fitrayadi


Berita terkait:
http://www.sumbaronline.com/berita-10263-rumah-gadang-di-jorong-batu-balantai-dilalap-sijago-merah.html

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama