TAHUN BARU MASYARAKAT BUKIK BATABUAH GORO MASAL


 Bukik Batabuah, Rabu 04/01/2012

Ahad (01/01) ratusan masyarakat kenagarian Bukik Batabuah kecamatan Canduang bergotong royong masal di komplek Masjid 'Ulya dusun Guguak Pili jorong Gobah.  Hal itu sekaitan dengan pembangunan fasilitas MCK dan persiapan Qhatam Qur'an.

Hadir utusan dari tiap-tiap jorong yang terlibat aktif dalam pengecoran, walimurid beserta pemuda mempersiapkan dekorasi panggung dan umbul-umbul Perayaan Khatam Qur'an yang akan digelar pada hari Ahad (08/01) mendatang.

Maldianto, ketua KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) saat ditemui wartawan menyampaikan bahwa lantai dasar bangunan itu bakal digunakan untuk fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus) yang didanai dari DAK (dana alokasi khusus) SANIMAS (Sanitasi Berbasis Masyarakat) kementrian PU. Sedangkan lantai 2 akan digunakan sebagai ruangan pertemuan.

Hal itu dibenarkan oleh Irawati, Fasilitator teknik SANIMAS diwilayah itu. Riki Emeldi Fasilitator pemberdayaan memaparkan bahwa kontrak fisik proyek itu sudah dimulai sejak 10 November 2011 lalu dengan rincian dana Rp. 300 juta dari DAK pusat, Rp. 30 juta dana pendampinangan dari APBD Kabupaten, dan Rp. 6 juta swadaya masyarakat.

Dari beberapa program SANIMAS seperti Drainase, MCK dan pengelolaan sampah. Masyarakat Guguak Pili memilih pengadaan MCK.yang ditanggung SANIMAS hanya 1 lantai saja, tetapi masyarakat ingin mempermanenkannya dengan lantai 2 guna dipakai untuk ruangan pertemuan. Maka kami menyebutnya MCK plus plus.

Zal,  ketua panitia Khatam Alquran menyampaikan bahwa ini adalah perayaan ke-4. MDA ini telah ada sejak tahun 90-han. Rancangan anggaran biaya Khatam Qur'an ini adalah Rp.  34 juta yang berasal dari sumbangan wali murid Rp. 500.000 / murid ditambah sumbangan donatur. Bila ada masyarakat yang ingin menyumbang silahkan hubungi panitia atas nama Zulhendri Malin Batuah (081363195808) pungkas Zal.|FD|




Rancangan Panggung Khatam Quran



Makan bersama ketika istirahat siang

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama