CAMAT CANDUANG LEBIH MEMILIH SHALAT 'IDUL ADHA DI WILAYAH KERJANYA


Lubuak Awua, Ahad, 06/11/2011

Camat Canduang Drs. Surya Wendri menunaikan shalat 'Idul Adha di Masjid Jamik Sidang Sabuah Balai jorong Lubuak Awua, nagari Canduang Koto Laweh pada Ahad (06/11).  Saat ditemui reporter CMC Wendri menyampaikan bahwa "saya lebih memilih shalat "Id di wilayah kerja dibanding kampung halaman sendiri. Padahal pagi ini yang memberi khutbah 'Idul Adha di Masjid Jihad Koto Baru kecamatan Baso kampung halaman saya adalah kawan saya sendiri dari Solok yang harus saya dampingi pula. Tetapi demi  untuk tetap selalu dekat dengan masyarakat Canduang, saya tinggalkan saja teman itu untuk sementara".


Enam ratusan jama'ah memadati ruangan sampai ke halaman masjid. Dari pengamatan CMC, jumlah jama'ah sekarang agak berkurang dari Shalat 'Idul Fitri 1432 H lalu. Di jalan masjid, tidak terlalu banyak kendaraan roda dua maupun roda empat yang parkir.

Khatib tetap Sidang Sabuah Balai H. Son tampil memberi khutbah. Ia memaparkan panjang lebar tentang hikmah yang terkandung pada ibadah Haji dan Qurban. H. Son menekankan "supaya meninggalkan sifat-sifat kebinatangan. Dicontohkan kepada hewan Kambing.

Kambing itu egonya tinggi, sehingga dengan kawan sekandang mau bertengkar demi berebut tempat, makanan dan pasangan. Kambing itu lidahnya berbisa yang menyakiti siapa saja.. Sehingga daun ubi yang dimakannya tidak bisa tumbuh lagi. Kambing itu suka mengemil, makanan saja angan-angannya, tidak pilih tempat, dimanapun dan kapan saja, bahkan sambil tidur. Kambing itu tidak bisa menahan nafsu, tidak bisa ia membedakan mana yang boleh dinikahi dan yang tidak, kadang induk dan saudara sendiri dinikahi juga. Kambing itu berbau busuk, artikata ia tidak disukai oleh siapapun kecuali oleh orang-orang yang sama busuknya dengan dia.

Mari syukuri nikmat yang telah Allah berikan, dan hari ini marilah kita sembelih semua sifat kebinatangan itu " tandas H. Son.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama