Kabupaten Agam Sukses Program Unggulan bidang Tahfiz Tinggkat SD dan SMP


Agam, delik14.com - Lomba Tahfiz Al Quran Tingkat Pelajar SD dan SMP se Kabupaten Agam Sukses.
      Dalam rangka menyukseskan Program Unggulan Daerah Kabupaten Agam di bidang Tahfiz, Sabtu 15 April 2023 bertempat di Mesjid Al - Hikmah  Simpang Tigo Lubuk Basung digelar Lomba Tahfiz Tingkat Kabupaten Agam untuk jenjang SD dan SMP. Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Agam Bapak Dr. H. Andri Warman, MM. 
        Dalam sambutannya Bupati Agam menyampaikan apresiasi yg tinggi atas digelarnya Lomba Tahfiz untuk pelajar di Kab Agam. Saya sangat bangga karena kegiatan ini merupakan salah satu bukti bahwa Progul Daerah  yang saya sampaikan telah direspon dengan baik. Buktinya semua SD dan SMP pemenang Lomba Kecamatan dapat mengikuti lomba di Tingkat Kabupaten Agam
        Setelah lomba Tahfiz dibuka Bupati, selanjutnya lomba di laksanakan di Mesjid Al Hikmah untuk SD dan Mesjid Syuhada Lapau Talang Lubuk Basung untuk SMP. Perlombaan berakhir pada pukul 16.45 WIB dan ditutup langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Isra, M.Pd. 
        Dalam acara penutupan itu, Kadis  menyampaikan rasa bangga dan haru atas kelancaran dan kesuksesan Lomba Tahfiz. Dia mengatakan "Saya merasa bangga karena semua peserta mengikuti dengan semangat yg luar biasa. Sementara itu saya juga terharu bahkan sampai meneteskan air mata menyaksikan penampilan pelajar SD dan SMP kita yg begitu cerdas melantunkan ayat ayat Al Qur'an yg diujikan oleh para juri. Peserta membacakan ayat dengan suara yg bagus, tajwid dan mahraj  yg benar. "
      Kadis selanjutnya berharap agar semua sekolah meningkkatkan program Tahfiz agar tercipta generasi Qur'ani yg membumikan Al Qur'an di Kabupaten Agam. Dengan demikian Agam Madani yg kita dambakan tentu segera jadi kenyataan.
     Dibagian akhir acara penutupan lomba, diumumkan oleh para dewan juri pemenang sebagai berikut :
Tingkat Pelajar SD Juara Pertama  diraih oleh Kamila Yuki Charisa, siswa SD 23 Guguk Randah Kec IV Koto, juara kedua Khairul Azka, SD 09 Pakan Sinayan Kec Banuhampu, juara ketiga Ziyadlana Fayadhi, SDIT Al Madany Kecamatan Lubuk Basung. Sementara untuk Pelajar SMP, juara pertama diraih Layla Izzatul Yusra, SMPIT  Raudhah Kecamtan Lubuk Basung, juara kedua Fany Aukia Fitri SMPN 3 Ampek Angkek Kecamatan Ampek Angkek, dan juara ketiga Mutiara Salsabila, SMPN 1 Banuhampu Kecamatan Banuhampu. sebagaimana juga di sampaikan Oleh Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Bapak Rezafri Bardi, M.Pd bahwa Masing-masing juara mendapatkan trophy, piagam, dan uang tabungan sebesar Rp. 2,500.000 utk juara I, Rp. 2.000.000 juara II, dan Rp. 1,500.000 untuk juara III. Sementara Juara umum jatuh kepada Kecamatan Lubuk Basung mendapatkan Trophy Bergilir Bupati Agam. Dan Tak hanya itu, Bupati Agam juga memberikan reward berupa hiburan untuk seluruh peserta Lomba Tahfiz agar di fasilitasi menonton Film Buya Hamka di Bioskop di Kota Padang, yang mana Buya Hamka adalah salah satu Tokoh Nasional Kebanggaan Negara Indonesia di kenal juga di Manca Negara yang berasal dari Kabupaten Agam.
     Kemudian,  Melalui Lomba Tahfiz ini diharapkan semua sekolah menetapkan Tahfiz sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib. Selanjutnya pada tahun berikutnya lomba tahfiz ini akan makin ditingkatkan dan dikembangkan, semoga Upaya Menciptakan generasi unggul yg berakhlak mulia bisa kita wujudkan.
Lebih baru Lebih lama