UPACARA PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL 2019 KABUPATEN LIMA PULUH KOTA AKAN DIGELAR DI HALAMAN KANTOR BUPATI

Ahad, 13 Oktober 2019 M - 15 Shafar 1441 H

Sumber Photo: cilotehtanpasuara
HAWAALIYNEWS, Sarilamak - Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun ini di Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat akan digelar di lapangan kantor Bupati Lima Puluh Kota jalan Raya negara KM.10, Harau, Bukit Limau, Sarilamak pada Selasa (22/10/2019) mendatang.

Pada musyawarah persiapan peringatan HSN sebelumnya yang dihadiri oleh pimpinan Pondok Pesantren Se Kabupaten Lima Puluh Kota, Pengurus FKDT, BKS TPQ, Kakankemenag beserta Kasi PD Pontren dan Seksi PDPP Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota pada Selasa, 08 Oktober 2019 yang bertempat di mushalla Kantor Kemenag Limapuluh Kota Tanjuang Pati disepakati bahwa tuan rumah Peringatan HSN 22 Oktober tahun 2019 ini tetap dipercayakan kepada Perguruan Darul Funun El-Abbasiyah yang beralamat di Jl. Tanjuang Rongik, Padang Japang, nagari VII Koto Talago, kecamatan Guguak kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Seluruh rangkaian acara HSN akan dipusatkan kegiatannya di pondok Pesantren tersebut seperti lomba-lomba sampai kepada upacara peringatan HSN, "namun apabila nanti ada perubahan maka akan diumumkan lagi di kemudian hari" kata H. Ifkar Kasi PD Pontren Kemenag Lima Puluh Kota.

Namun pada hari Jum'at yang lalu (11/10/2019) Kasi PD Pontren Kemenag Lima Puluh Kota kembali mengundang Pimpinan Pondok Pesantren Se Kabupaten Lima Puluh Kota mensosialisasikan perubahan-perubahan terbaru mengenai waktu dan teknis acara tersebut.

Kasi PD Pontren Kemenag Lima Puluh Kota H. Ifkar pada kesempatan itu menyampaikan "Bahwa telah dilakukan pertemuan dengan Bupati Limapuluh Kota di rumah Dinasnya pada Kamis (10/10/2019) membahas tentang kegiatan Peringatan Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019 tersebut serta melaporkan kegiatan PORSADIN di Bangka Belitung pada tanggal 24-27 Oktober 2019 yang hanya diikuti oleh 1 orang peserta dari Lima Puluh Kota serta melaporkan 6 orang santri dari kabupaten Lima Puluh Kota yang akan mewakili Sumatera Barat pada ajang POSPENAS VIII Tahun 2019 yang dilaksanakan dari tanggal 25 s.d 30 Nopember 2019 di Jawa Barat. Ikut menghadap Bupati ketika itu diantaranya adalah pimpinan Pondok Pesantren Darul Funun Padang Japang, Ponpes Alkausar Sarilamak dan dan Ponpes Almakmur Tungkar dan lain-lain." terangnya.

“Karena di dalam surat yang kita bawa itu tertulis tempat alternatif untuk pelaksanaan upacara hari santri 22 Oktober tersebut adalah kawasan kantor Bupati Limapuluh Kota, maka bapak bupati juga berharap demikian, beliau sangat berharap Upacara Peringatan Hari Santri tersebut memang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Limapuluh Kota, beliau langsung yang akan bertindak sebagai inspektur upacaranya. Pihak kantor bupati akan menfasilitasi tempat, peralatan dan protokoler.” tambahnya lagi.

"Untuk mengawali acara peringatan HSN ini maka pada hari Selasa, 15 Oktober 2019 akan kita adakan Pontren Cup yang bertempat di Perguruan Darul Funun El-Abbasiyah Padang Japang, VII Koto Talago, ada 3 cabang lomba yang akan diadakan, yaitu Badminton, Takraw dan MQK yang akan diikuti oleh 11 Pondok Pesantren di Kabupaten Lima Puluh Kota. MQK (Musabaqah Qiraatul Kutub) atau perlombaan membaca Kitab Kuning, ada dua nomor, yaitu PA dan PI, kitab yang akan diperlombakan adalah Fathul Muin BAB Shalat." terang H. Ifkar.

"Selain itu, untuk memeriahkan  peringatan HSN ini Kemenag Limapuluh Kota juga berencana akan mengadakan acara Wisuda Tahfizd pada hari Sabtu tanggal 19 Oktober 2019. Calon peserta yang akan diseleksi sekarang baru 80 orang, bisa jadi peserta akan mencapai 100 orang, seleksi peserta wisuda tersebut akan dimulai pada Selasa (15/10/2019) mendatang. Harapan kita, walaupun hari pertama gagal seleksi, namun hari ke-3 masih bisa seleksi lagi.” harap H. Ifkar.

"Untuk mensyiarkan hari santri tersebut diharapkan masing-masing pondok pesantren menyediakan spanduk dan Balihonya" pungkasnya.*Fitra Yadi - HN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama